Selasa, 05 Maret 2013

Strategi Hubungan antara Perusahaan Pertambangan dan Masyarakat

Didalam kegiatan pertambangan, diperluka adanya stategi dari perusahaan pertambangan agar nantinya dalam melakukan kegiatannya tidak terjadi konflik dan juga tidak menimbulkan permasalahan sosial dan kerusakan lingkungan. Pembahasan kali ini cenderung bagaimana agar dalam pengoperasiaannya , perusahaan pertambangan dapat tetap memperhatikan permasalahan sosial yang dihadapi disekitar pertambangan. Oleh karena itu diperlukan strategi-strategi agar hubungan perusahaan pertambangan dan masyarakat dapat berjalan harmonis, dan permasalahan sosial dapat ditekan dan dapat dicarikan solusinya.

1 Tanggung Jawab Sosial Perusahaan
Perusahaan punya tanggung jawab sosial terhadap masyarakat karena pada dasarnya melalui operasi penambangan dan kegiatan-kegiatan pendukuungnya telah terjadi pengambilalihan hak penguasaan sumberdaya milik penduduk setempat. Dalam memenuhi tanggung jawab sosial tersebut, hal yang harus diperhatikan adalah :

  •  Perusahaan wajib menghormati dan mengakui hak penduduk atas sumberdaya dan lingkungan hidup
  • harkat dan martabat, termasuk harkat politik masyarakat harus dihargai
  • kesempata harus diberikan kepada masyarakat untuk menentukan pilihan hidupnya sendiri
Kegiatan pengembangan masyarakat perlu dilakukan oleh perusahaan sedini mungkin, termasuk sebelum kegiatan penambangan itu dimulai. Penyiapan sumberdaya lokal secara dini akan memungkinkan masyarakat untuk dapat berinteraksi secara baik dengan perusahaan, termasuk memungkinkan tenaga kerja lokal dapat terserap dan berkembang dalam semua jenjang pekerjaan didalam perusahaan.

2 Tujuan Pemenuhan Tanggung Jawab Sosial
Pemenuhan tanggung jawab sosial perusahaan harus dilakukan sehingga dapat memenuhi tujuan yang ingin dicapai, diantaranya yaitu :
  • Memberdayakan masyarakat
  • Membangun daerah
  • Membina persatuan dan kesatuan bangsa
3 Pola Hubungan Kerja dalam Pemenuhan Tanggung Jawab Sosial kepada Masyarakat
Pola hubungan kerja harus dilakukan dengan melibatkan tiga pihak, yaitu pemerintah daerah, masyarakat dan perusahaan. Hubungan ketiga elemen ini harus setara, seimbang dan saling menguntungkan. Dan dalam menyusun program-program pembangunan, kerja sama ini harus terjalin sehingga pembagian tanggung jawab dapat dilakukan secara baik dan jelas.

4 Metode Pemenuhan Tanggung Jawab Sosial
Dengan menyesuaikan dengan keadaan dilapangan dan isu-isu sosial pokok yang dihadapi, maka perusahaan dapat melakukan tanggung jawab sosialnya melalui tiga cara yaitu secara langsung, tidak langsung dan terpadu. 

5 Kebutuhan Informasi bagi Pemenuhan Tanggug Jawab Sosial
Agar nantinya dalam pemenuhan tanggung jawab sosial dapat terlaksana dengan baik dan terpau , maka diperlukan informasi-informasi yang diperlukan dan berkaitan dengan permasalahan sosial yang ada. Informasi tersebut antara lain yaitu :
  • Struktur sosial dan kepemimpinan masyarakat
  • Pola-pola perekonomian masyarakat
  • Asrirasi dan ekspektasi masyarakat
  • Ketersediaan kualitas dan kuantitas tenaga kerja 
  • Tingkat pendidikan dan keterampilan masyarakat
6 Rencana Pengembangan Masyarakat pasca Tambang
Perusahaan wajib memiliki rencana pengembangan masyarakat/ pembangunan sesudah tambang selesai beroperasi. Perusahaan dan pemerintah daerah setempat perlu mendorong sektor-sektor produksi lain diluar dan tidak terkait dengan usaha pertambangan, untuk beroperasi disekitar daerah pertambangan , sehingga keberlangsungan pembangunan dapat dijamin.

Sumber : buku "Prosiding Lokakarya: Mencari Model Pemecahan Masalah Hubungan Industri Pertambanagn dengan Masyarakat Sekitar "

Tidak ada komentar:

Posting Komentar