Jumat, 29 Maret 2013

Seven Ways to be Successful People


Kita dapat mencapai suatu kesuksesan dalam bidang apapun, namun haruslah memenuhi beberapa persyaratan untuk mencapai kesuksesan itu. 


1.       Kecerdasan
                Setiap orang dilahirkan dalam keadaan cerdas. Tetapi mengapa ketika ia dewasa seakan-akan ia menganggap bahwa dirinya itu tidak cerdas, bodoh, dan sebagainya…, itu semua tergantung bagaimana kita mengasahnya sejak kecil. Karena jika kita tidak mengasah kecerdasan yang kita miliki maka kita dapat membuktikan kesiapapun tentang kemampuan kita. Kecerdasan yang sangat penting sekarang ini bukanlah hanya melulu tentang kecerdasan IQ saja, melainkan lebih kearah kecerdasan EQ. dimana sekarang ini EQ sangat diperlukan baik itu dalam setiap kita mengambil suatu tindakan maupun dalam bersosialisasi dengan orang kebanyakan.
2.       Tamak/Rakus
Tamak/rakus disini bukanlah dalam hal makan, kekuasaan atau lainnya melainkan dalam hal yang positif yaitu tamak akan ilmu pengetahuan, prestasi dan lain sebagainya selama itu hal yang positif dan tidak merugikan siapapun baik itu diri sendiri orang lain maupun terhadap lingkungan.
3.       Bersungguh-sungguh
Kita hendaknya senantiasa bersungguh-sungguh dalam melakukan semua hal tanpa pilih-pilih. Namun, kita juga harus mempertimbangkan hal/kegiatan yang akan kita lakukan itu bermanfaat atau tidak, jika kegiatan itu tidak bermanfaat sebaiknya tidak usah dilakukan karena dapat  merugikan . Apapun profesi kita baik itu pelajar, ibu rumah tangga, Pengusaha, Mahasiswa kita harus senantia bersungguh-sungguh dalam menjalankan profesi kita. Karena ada pepatah menyatakan “jika kau bersungguh-sungguh dalam melakukan suatu hal maka hasilnya akan terasa manis, dan penuh dengan kebanggaan didalam diri kita, dan sebaliknya jika kita tidak bersungguh-sungguh (main-main) dalam suatu hal maka hanya rasa penyesalan saja yang akan kamu rasakan ”. Disini misalnya kita sebagai seorang pelajar atau mahasiswa maka kita harus bersungguh-sungguh dalam menjalaninya. Dengan apa kita member tahu orang lain bahwa yang kita lakukan itu dengan sungguh-sungguh atau sudah dengan semua kemampuan yang kita miliki ??? ya salah satunya adalah dengan nilai atau prestasi yang kita peroleh. Karena prestasi atau nilai yang kita peroleh adalah sebuah pertanggung jawaban kita kepada orang tua mengenai apa yang telah kita lakukan. 
4.       Uang
Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa uang memang sangat penting keberadaannya diantara kita. Namun, tidak selamanya dengan uang kamu dapat mendapatkan kesuksesan seperti apa yang kamu inginkan. ada yang pernah menyatakan “ uang belum tentu jadi jaminan kamu jadi orang yang sukses, namun orang yang sukses adalah orang yang sudah terjamin  
5.       Belajar dari Guru
Maksud sukses itu bisa diperoleh dari guru yaitu tidak terbatas hanya saat kita mengikuti perkuliahan/pelajaran dari guru/dosen saja, melainkan diluar kita juga dapat memperolehnya dengan cara sering berkomunikasi dengan dosen.
6.       Butuh waktu/ Proses
Kita setuju bahwa semua yang ada didunia ini membutuhkan proses. Bahkan untuk makan mie instant pun kita mebutuhkan proses, yaitu pertama kita merebusnya dulu, dicampur bumbu dan baru bisa dimakan. Demikian pula dengan kesuksesan, yang membutuhkan waktu/proses untuk bisa meraihnya. Didalam prose situ kita harus senantia optimis akan tujuan kita untuk mencapai kesuksesan itu, selain itu juga kita harus sabar dalam menjalani proses itu.
7.       Amanah
           Untuk menjadi orang yang sukses haruslah memiliki rasa tanggung jawab (amanah) baik itu terhadap diri sendiri maupun orang lain. Tanggung jawab adalah sesuatu yang sangat fundamental dan sangat penting untuk dimiliki oleh setiap orang terlebih lagi jika ia seorang pemimpin , maka ia harus memberikan pertanggungjawaban kepada apa yang dipimpinnnya.


Sumber : Mas Giffari_peserta SP2MP (Sahabat Percepatan Peningkatan Mutu Pendidikan) tahun 2008 saat general stadium di UC UGM 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar